Monday 8 May 2017

SAMBUTAN PENERBITAN BUKU “ Antologi KOPAZKA”

SAMBUTAN PENERBITAN BUKU
 “ Antologi KOPAZKA”

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Wr, Wb

Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji untuk Allah SWT. Tuhan yang maha pengasih dan Penyayang. Tuhan yang memberikan kehidupan kepada hamba-Nya. Tiada Tuhan selain Allah, yang menguasai semesta raya, Dia mengajarkan kebenaran kepada umat manusia. Dia mendengarkan semua doa hamba-Nya. Memuja-Nya suatu kebaikan dan kebenaran.
Nabi Muhammad SAW adalah hamba Allah yang di muliakan dan dicintai-Nya. Nabi yang berakhlak mulia, Nabi yang memiliki kepribadian sempurna (Perfect of Personality) dan panutan umat manusia. Nabi terakhir dan penutup kenabian. Nabi yang dicintai dan dipilih Allah SWT membawa ajaran-Nya, Nabi yang menyampaikan ajaran Allah kepada manusia. Berselawat kepada Rasulullah SAW suatu kebaikan dan kemuliaan.   
KOPAZKA (Korps Alumni Zawiyah Cot Kala) STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa adalah  organisasi insan akademis, yang telah berusia 22 tahun. Nama awalnya organisasi alumni ini adalah Ikatan Alumni (IKA) STAIS Zawiyah Cot Kala Langsa yang didirikan pada tanggal 04 April tahun 1992. KOPAZKA adalah kelanjutan atau transformasi dari Ikatan Alumni (IKA). Spirit alumni pada masa awal, bagaikan oase yang mengalir deras untuk membidani kelahirannya. Organisasi Alumni dibangun untuk  meneguhkan cinta dan kebersamaan. Dia bagaikan matahari untuk mencerahkan dan menerangi pandangan pada dunia intelektual. Cinta, kebersamaan dan sikap ilmiah adalah esensi dan jiwa organisasi ini. KOPAZKA, warisan intelektual alumni STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa masa lalu. Kini, dia hadir di era kita, datang dari masa lalu dan hidup ditengah - tengah kita. dia akan terus hidup, manakala dia diberi nafas. Dia akan lumpuh dan tidak bernafas lagi manakala dia tidak menjadi bagian dari alumni masa kini. Dan dia akan hilang dalam realitas Sosial. KOPAZKA harus tetap berdiri tegak dan menyongsong masa depan, seperti cita-cita pendahulu yang telah membentuknya menjadi rumah intelektual. Apapun kondisi dan situasinya, dia harus berkembang dan survive di masa kini dan masa depan, komitmen ini harus terpatri dalam diri alumni. Berikan nafas kepadanya, supaya dia berkembang sesuai dengan karakter dan identitasnya. Karakternya adalah ilmiah dan akademis, elitis sekaligus populis. Identitasnya adalah Intelektual Islam akademis, karena alumni produk  perguruan tinggi Islam. Saya yakin dan percaya, bahwa dimasa depan KOPAZKA menjadi organisasi yang besar dan terus berjaya untuk meneguhkan cita dan komitmennya sebagai organisasi intelektual dan pencerah masa.
Kehadiran buku, “Antologi KOPAZKA Dalam Pusaran Waktu – Meneguhkan Komitmen Dan Intelektualitas Korps Alumni Zawiyah Cot Kala (KOPAZKA) STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa”, yang mengurai rekam jejak KOPAZKA dalam menit-menit sejarah merupakan karya monumental yang patut diberi apresiasi setinggi-tingginya. Karya ini, merupakan kumpulan tulisan alumni, dosen, dan stake holder yang memiliki kedekatan psikologis dengan KOPAZKA, baik secara kelembagaan maupun personal untuk menggungkap  kiprah KOPAZKA dalam pita sejarah dan mendeskripsikan orientasi KOPAZKA di masa depan. Tentunya, buku ini menjadi referensi bagi alumni dan siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang eksistensi KOPAZKA. Sebuah karya dalam bentuk tertulis dapat mengatasi dimensi waktu dan tempat. Karenanya, buku ini memiliki nilai akademis, edukatif, inspiratif dan realistis. KOPAZKA, seperti makhluk hidup yang mempunyai sejarah dan latar belakang, bagaimana Dia tumbuh dan berkembang di pentas sejarah. Dinamika dan pergulatan ilmiah menjadi bagian terpenting dalam sejarah KOPAZKA. KOPAZKA yang tumbuh di tahun 1992, dikonstruk dengan semangat (spirit) kebersamaan. Segenap cita mulia yang tersematkan, akhirnya KOPAZKA dapat dilahirkan. Meskipun, secara kuantitas bahwa alumni pada masa awal kemunculan KOPAZKA relatif rendah, akan tetapi dengan keyakinan dan keseriusan alumni saat itu telah meneguhkan komitmen untuk mendirikan organisasi alumni. Karya kolektif ini merupakan prestasi besar yang patut diberikan apresiasi. Menyusun blue print organisasi alumni, bukanlah pekerjaan mudah. Tapi bukan berarti bahwa pekerjaan itu tidak bisa dilakukan. Dalam hal ini, hanya dibutuhkan komitmen untuk melakukannya. Dan alumni STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa pada masa awal telah berhasil meneguhkannya, membentuknya untuk diwariskan kepada generasi berikutnya.
Selain itu, dinamika perspektif yang terdeskripsi dalam buku ini semakin menguatkan eksistensi KOPAZKA sebagai salah satu episentrum intelektual, sekaligus dapat memicu motivasi pada diskursus budaya akademik (academic culture) dan kebebasan akademik (academic freedom). Buku ini juga menjadi bentuk refleksi aktivitas 22 tahun KOPAZKA dalam pusaran waktu
Buku ini, dapat menjadi bahan bacaan dan sekaligus sumber inspirasi dan motivasi tersendiri bagi alumni, mahasiswa, civitas akademika kampus STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa dan masyarakat. Dan karya ini, sebagai karya perdana yang menulis tentang KOPAZKA. Kita berharap bahwa karya ini menjadi langkah awal untuk melahirkan karya-karya berikutnya di masa yang akan datang. Saya bangga dan respek dengan penuh rasa suka cita, karena buku ini dapat diterbitkan. Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada editor dan penulis yang telah meluangkan waktu dan mencurahkan pikiran serta tenaga untuk kemajuan KOPAZKA. Saya mendoakan, agar Allah SWT melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada editor dan penulis atas kebaikan dan kepeduliannya pada KOPAZKA, organisasi yang saya pimpin saat ini. Semoga Allah memberikan kemuliaan kepada editor dan penulis semuanya, Amin.
‘Salam KOPAZKA, Majulah dan Jayalah KOPAZKA STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa’  

Billahitaufiq walhidayah,
Wassalamu’alaikum, Wr, Wb

Langsa, Juni  2014
PENGURUS PUSAT KORPS ALUMNI ZAWIYAH COT KALA (PP-KOPAZKA)
STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Periode 2012 – 2016


Amiruddin Yahya, S.Pd.I, MA
Ketua Umum

No comments:

Post a Comment